InfoPGRI_Senin (01/11/2021) bertempat di di Aula Gedung PGRI Jalan Pangeran Sogiri, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bogor menggelar Lomba Pidato Ilmiah. Mengusung tema  “PGRI  Sebagai Penggerak Kreativitas dan Dedikasi Guru di Tengah Pandemi Covid-19 Menuju Jawa Barat Juara”, perlombaan ini diikuti perwakilan dari seluruh cabang PGRI Kabupaten Bogor. Perhelatan dilaksanakan dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2021 sekaligus perayaan untuk menandai Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-76.

Hadir dalam acara ketua PGRI Kab. Bogor Amsohi, M.M.Pd,  ketua panitia pelaksanaan lomba Pidato Ilmiah, Otong, M.Pd., dan juri lomba Ujang Lukman, M.Pd, pengawas pembina SMA dan SMK kota Bogor, dan  Hj. Dina Martha Tiraswati, M.Pd.

Sebagai pengantar kegiatan, ketua PGRI Kab. Bogor Amsohi, dalam sambutannya menuturkan “ Kegiatan ini merupakan rangkaian dari perayaan HGN 2021 dan HUT PGRI ke-76. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan ruang kreatif bagi anggota PGRI agar dapat  berkreasi dan berprestasi di tengah masa pandemi covid-19. Lomba ini juga merupakan media efektif untuk  mendongkrak minat meneliti bagi guru. Guru dan penelitian, dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebagai pendidik, semangat akademis untuk meneliti menjadi saluran produktivitas yang bermanfaat bagi pengembangan guru itu sendiri. Pidato ilmiah pada perlombaan ini mengangkat tema pendidikan yang dikaitkan dengan situasi pandemi. Saya percaya, di tengah pandemi saat ini, guru selalu berusaha memberikan yang terbaik. Usaha para guru dalam memberikan pembelajaran pada situasi sulit ini baik daring, blanded lerning, maupun sistem modul, dapat menjadi sumber-sumber inspirasi bagi guru lain.” pungkasnya.

Selanjutnya Ketua panitia pelaksanaan lomba, Otong menyatakan  “ PGRI sangat mengapresiasi usaha para guru yang terus menjalankan roda pembelajaran pada situasi pandemi. PGRI akan selalu hadir mendampingi guru dalam situasi apapun. Perlombaan ini, salah satunya sebagai bentuk dukungan PGRI kepada para guru yang telah berjuang keras menghadapi situasi sulit saat ini. Lomba pidato ilmiah dengan tema PGRI  Sebagai Penggerak Kreativitas dan Dedikasi Guru di Tengah Pandemi Covid-19 Menuju Jawa Barat Juara, merupakan dorongan bagi para guru untuk mengasah kreativitas dan produktivitas di masa pandemi dengan contoh-contoh pembelajaran  yang dapat menjadi inspirasi bagi guru lain.”

Perwakilan salah satu juri menjelaskan lomba pidato ilmiah ini memiliki kriteria penilaian berupa kesesuaian tema, judul, dan isi pidato, sistematika penyampaian pidato (pembukaan, isi dan penutup), penggunaan bahasa yang baik, serta ketepatan dalam pemilihan kata (tata bahasa), vokal, artikulasi dan intonasi, gaya/gesture dan mimik wajah, dan ketepatan waktu. Para peserta wajib memenuhi kriteria tersebut.

Dalam perlombaan ini, empat puluh cabang PGRI kabupaten Bogor bersaing ketat. Masing-masing cabang berusaha memberikan penampilan terbaik. Setelah dilakukan penilaian dewan juri berhasil menentukan pemenang. Untuk kategori putra,  juara pertama berasal dari Cabang  Klapanunggal. Juara kedua dari cabang Sukaraja. Juara ketiga, cabang Babakanmadang. Untuk kategori juara harapan, juara harapan kesatu dari cabang Cilengungsi. Juara harapan kedua dari cabang Gunung Putri. Juara harapan ketiga dari cabang Ciawi.

Pemenang untuk kategori putri, juara pertama berhasil diraih oleh PGRI cabang Ciawi. Juara kedua dari  PGRI Cabang Caringin. Juara ketiga dari Cabang Gunung Putri. Untuk kategori juara harapan terpilih secara berturut-turut yaitu juara harapan 1 dari  PGRI Cabang Pamijahan. Juara harapan kedua dari cabang Rumpin, dan juara ketiga berhasil diraih oleh PGRI cabang Dramaga.

Dalam penutupan kegiatan Amsohi berharap semua anggota PGRI selalu solid, bersinergi, dan terus berkolaborasi untuk mencapai tujuan PGRI sebagai organisasi yang bermartabat. PGRI, garda depan organisasi yang akan terus mengayomi para guru di seluruh pelosok negeri untuk berjuang mencapai kesejahteraan, profesionalisme, dan menumbuhkan semangat merdeka belajar menyosong abad ke-21 yang semakin kompetitif. “Selamat kepada para pemenang, semoga prestasi ini menjadi penyemangat untuk menorehkan beragam prestasi-prestasi lain. Hidup guru, Hidup PGRI, Solidaritas (Yes). ” imbuhnya.

# Naskah berita_Tikom (Sekbid Kominfo)

# Reportase lapangan dan dokumentasi_Jaenal Abidin dan Anto Sugiri (Sekbid Kominfo)

# HGN 2021 dan HUT PGRI ke-76 “ Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.