Info PGRI – Kamis (25/11/2021) panitia PGRI Ranting Gunung Picung tingkat Cabang Pamijahan, menggelar resepsi  peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 dan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-76. Kegiatan ini dilaksanakan di di Gedung Olahraga (GOR) PGRI, Kecamatan Pamijahan.

Mengusung tema “Bangkit Guruku, Maju Guruku, Indonesia Tangguh ,Indonesia Tumbuh” resepsi ini dihadiri oleh pengurus PGRI Cabang Pamijahan, ketua Ranting, Koryandik, para Pengawas, Kepala Sekolah SD dan SMP, serta perwakilan dua orang guru dari setiap sekolah. Hadir juga  personil dari unsur Tripika Kecamatan Pamijahan yaitu Kapolsek, Danranil, dan Camat Pamijahan.

Acara diawali dengan pembukaan, dilanjut pembacaan ayat suci al-quran oleh Ustad Husada. Bertindak sebagai pembawa acara Mad Rohim,S.Pd. Endang,S.Pd selaku  ketua panitia, dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan resepsi. Pertama Keputusan Presiden No 78 Tahun 1994 tentang penetapan Hari Guru Nasional. Kedua keputusan rapat pleno pengurus besar PGRI  tanggal 13 September 2021, dan ketiga keputusan rapat pengurus PGRI Cabang Pamijahan. Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk meningkatkan kesadaran guru dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, memacu kinerja dan disiplin guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya, dan memperkuat semangat baru dedikasi guru melalui organisasi guru PGRI.

Dalam sambutannya, Anang Jaya Sukmana,S.Pd.M.M. selaku ketua PGRI Cabang  Pamijahan mengungkapkan “PGRI sudah banyak berkiprah, walaupun tidak terekspos di media sosial tapi PGRI menyentuh langsung kepada sasaran. Peran dan perjuangan PGRI sudah banyak dirasakan. Bagi kaum guru, PGRI berhasil mendorong lahirnya  Undang- Undang Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005. Selain itu perjuangan untuk merealisasi  Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar 20%. Saat ini PGRI tengah berjuang agar tidak ada kesenjangan sertifikasi guru dan dosen. PGRI, sebagai organisasi guru  bersifat unitaristik. Tidak memandang perbedaan, independen, dan bukan merupakan afiliasi partai politik. Pada HUT PGRI ke-76 tahun ini, mari kita tingkatkan kualitas diri selaku pendidik. Berjuang bersama mengatasi pendidikan di masa pandemic. Jangan putus asa, tanggung jawab mendidik ada pada pundak kita para guru. Hidup Guru, Hidup PGRI,  Solidaritas (Yes)…” pungkasnya menutup sambutannya.

Selanjutnya, Drs. Imam Mahmudi, M.Si. selaku Camat Pamijahan menyampaikan tentang langkah- langkah penanganan virus corona. Ia berharap, warga Pamijahan khususnya para guru tetap konsisten  menggunakan masker.  Target vaksinasi direncanakan pada akhir bulan Desember, untuk itu ia berharap masyarakat tetap waspada. Saat ini baru 70% warga Indonesia yang sudah menerima vaksin.  Kabupaten Bogor sendiri belum mencapai 50 % , sehingga masih berada pada level 3. Imam berharap,  Koryandik dan guru berkoordinasi  dengan cara untuk mendata jumlah siswa SD yang sudah berusia 12 tahun sebagai calon penerima vaksin.

Senada dengan Koryandik Pamijahan, Dadih Suhendi,S.Pd.M.M. Dalam sambutannya ia mengajak kepada Tri Mitra  pendidikan dan para guru untuk membantu program percepatan vaksin. Percepatan vaksin dilakukan dengan mengadakan vaksinasi di tingkat gugus masing-masing. Vaksinasi massal juga dapat dilaksanakan di GOR PGRI Pamijahan.

Selanjutnya, dengan bangga Dadih mengungkapkan PGRI sebagai organisasi profesi diharapkan konsisten membina talenta yang dimiliki guru. Dari sisi profesional, PGRI  dapat membuat wadah yang mendorong para guru membuat karya ilmiah. Ia percaya, PGRI akan selalu ada untuk memajukan guru. ” Hidup Guru, Hidup PGRI, Solidaritas (Yes) ” imbuhnya menutup pidatonya.

Sebagai penutup resepsi panitia menyiapkan pembekalan mental dengan menghadirkan siraman rohani. Kegiatan ini dipimpin oleh  ustad Tohirudin,S.Pd.M.Pd. Guru SDN Cimayang 04 dan Ketua PGH Kabupaten Bogor. Sebelum pelaksanaan tausiah, panitia menyerahkan piala  perlombaan pada kegiatan berbagai lomba yang telah dilaksanakan sebelumnya. Pada kesempatan yang sama, panitia juga cendramata kepada para guru yang telah purnabakti serta guru yang berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik

Peringatan HGN dan HUT PGRI pada tahun ini sudah dilaksanakan sejak 5 November 2021. Rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya: olahraga, kesenian, keagamaan, bakti sosial, santunan kepada guru yang telah purna bakti, dan hadiah bagi guru yang memiliki dedikasi tinggi dalam melaksanakan tugasnya.  Rangkaian kegiatan peringatan rencana akan ditutup dengan menggelar acara  family gathering ke pantai Carita. Pelaksanaan kegiatan  pada tanggal 1- 2 Desember 2021.

 

# Reportase lapangan dan dokumentasi_Suhandi,S.Pd.M.Pd. (PGRI Cabang Pamijahan)

# Kurasi naskah_Tikom (Sekbid Kominfo)

# HGN 2021 dan HUT PGRI ke-76 “ Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.