InfoPGRI, – Bogor, PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kabupaten Bogor menggelar lomba menyanyi solo. Perhelatan ini  dilaksanakan dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2021 sekaligus perayaan yang menandai Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-76. Kompetisi ini juga dalam rangka mempersiapkan kandidat untuk mengikuti ajang perlombaan menyanyi solo tingkat provinsi, Jawa Barat.

Bertempat di Aula Gedung PGRI Jln. Pangeran Sogiri, Bogor. Acara yang dihelat  pada hari  Selasa (26 /10 /2021) menerapkan protokol kesehatan ketat. Hadir dalam acara wakil ketua PGRI Kab. Bogor Dra. Hj. Barkeh Dimjati, M.Si., Hj. Eutik Aningsih, M.Si. selaku Sekbid Pengembangan Pengembangan Olahraga Seni dan Budaya, perwakilan Dinas Pendidikan Kab. Bogor Hj. Nurjanah, D.H., M.Si., Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Dasar, dan juri-juri lomba menyanyi yaitu dari pakar pendidikan Drs. Arif Setiawan, M.M. kepala sekolah SMAN 1 Ciseeng, M.Rahmat Muntazar Mahdi Ongky, S.Ab., M.A. artis sekaligus praktisi seni, serta Delly Trianggana,S.Si instruktur vokal Purwacaraka Musik Studio.

Sebagai pengantar kegiatan, wakil ketua PGRI Kab. Bogor Barkeh Dimjati, dalam sambutannya menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian dari perayaan HGN dan HUT PGRI ke-76. Tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan sinergi dan kolaborasi antar guru dalam bidang seni.  Kegiatan ini diharapkan dapat menimbulkan efek positif dalam menunjang bakat guru. Lebih lanjut  Barkeh Dimjati mengatakan pada tahun ini PGRI Kab. Bogor menyelenggarakan rangkaian perlombaan meliputi ranah profesionalisime, sosial, seni dan olahraga. Cabang yang diperlombakan antara lain menyanyi solo, badminton, tenis meja, pidato ilmiah, catur, dan kegiatan sosial berupa donor darah dan bazar murah.

Selanjutnya Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Nurjanah menyatakan bahwa “ Dinas Pendidikan sangat mengapresiasi rangkaian kegiatan pelaksanaan HUT PGRI ke-76 sekaligus HGN 2001.  PGRI akan selalu hadir sebagai mercusuar suara para guru, kegiatan yang dihelat PGRI sangat positif bagi pengembangan bakat, profesionalisme, dan proses belajar para guru. Semoga PGRI akan tetap konsisten melaksanan visi dan misi sebagai organisasi guru yang bermartabat, solid, dan terdepan dalam pendidikan, ” ucapnya dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan.

Masih dalam kesempatan yang sama, Eutik Aningsih selaku Sekbid Pengembangan Pengembangan Olahraga Seni dan Budaya menuturkan, “ Kegiatan perlombaan menyanyi solo ini merupakan pencarian kandidat yang akan diutus untuk perlombaan menyanyi solo di tingkat provinsi. Sosialisasi kegiatan sudah dilakukan secara daring pada hari Senin, 13 September 2021 melalui zoom meeting. “ Lebih lanjut, Eutik menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi antar sesama anggota PGRI se-kabupaten Bogor, meningkatkan peran strategis guru dalam membangun sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui seni dan budaya, meneladani semangat dan dediaksi guru sebagai pendidik profesionalisme dan bermartabat, meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis dalam membangun karakter bangsa, dan untuk menggali potensi profesionalisme guru di daerah khususnya kabupaten Bogor.

Dalam perlombaan ini, empat puluh cabang PGRI kabupaten Bogor bersaing ketat. Masing-masing cabang berusaha memberikan penampilan terbaik. Setelah dilakukan penilaian akhirnya dewan juri menentukan pemenang dari perlombaan menyanyi solo. Pemenang untuk penyanyi solo kategori putri, juara pertama diraih oleh  Syifa M,S dari  PGRI  Cabang Ciawi. Juara kedua Nita Komala dari PGRI Cabang Jasinga. Juara ketiga Ana Subardini dari PGRI Cabang Leuwiliang. Terpilih juga juara harapan pertama Kiki Kirana dari PGRI Cabang Tamansari. Juara harapan kedua Ni Luh Putu dari PGRI Cabang Sukaraja, dan juara harapan ketiga Chistina dari PGRI Cabang Cileungsi.

Pemenang untuk penyanyi solo kategori putra, juara pertama berhasil diraih oleh PGRI cabang Cibinong yang diwakili oleh M.Ivan. N. Juara kedua, Ki Agus Dadan R dari  PGRI Cabang Megamendung. Juara ketiga Taofik F dari Cabang Cisarua. Untuk kategori juara harapan terpilih secara berturut-turut yaitu Agus Abdilah dari PGRI Cabng Jonggol (juara harapan ke-1) Erhan R dari PGRI Cabang Klapanunggal (juara harapan ke-2), dan R. Daden .L. dari PGRI cabang Cibungbulang (juara harapan ke-3).

Dalam penutupan kegiatan Barkeh Dimjati berharap semua anggota PGRI selalu solid, bersinergi, dan terus berkolaborasi untuk mencapai tujuan PGRI sebagai organisasi yang bermartabat. PGRI, garda depan organisasi yang akan terus mengayomi para guru di seluruh pelosok negeri untuk berjuang mencapai kesejahteraan, profesionalisme, dan menumbuhkan semangat merdeka belajar menyosong abad ke-21 yang semakin kompetitif. “Selamat kepada para pemenang, semoga prestasi ini menjadi penyemangat untuk menorehkan beragam prestasi-prestasi lain. Hidup guru, Hidup PGRI, Solidaritas (Yes). ” imbuhnya.

 

# Reportase lapangan dan dokumentasi_Jaenal Abidin dan Anto Sugiri

# Naskah Tikom_Sekbid Kominfo

# HGN 2021 dan HUT PGRI ke-76 “ Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”

One thought on “PGRI Kabupaten Bogor Gelar Lomba Menyanyi Solo Untuk Guru”
  1. Selamat dan sukses selalu PGRI Kabupaten Bogor, yang selalu memberikan motivasi dan dorongn, serta upaya peningkatan kesejahteraan kepada seluruh anggota PGRI di seluruh kabupaten Bogor
    Hidup Guru
    Hidup PGRI
    Solideritas , Yes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.