InfoPGRI – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bogor menggelar Workshop Penguatan Kapasitas Kepemimpinan Pegurus PGRI Cabang Se-Kabupaten Bogor Tahun 2022.  Workshop digelar di 5G Resort Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor dari tanggal 28-29 Agustus 2022. Workshop yang dihelat oleh Bidang Organisasi dan Kaderisasi, H. Saeful Bahri, S.Pd. mengupas tentang Pembinaan Tata Kelola Administrasi Organisasi PGRI Kabupaten Bogor dan Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Pengurus dan Kepemimpinan PGRI.

Workshop  dihadiri oleh Ketua PGRI Kabupaten Bogor, Amsohi S.Pd.,M.M. Wakil Ketua PGRI Dra. Hj. Barkeh Dimjati, M.Si. Kabupaten Bogor,  serta pengurus PGRI Kabupaten Bogor. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini Wakil Sekretaris Umum PGRI Provinsi Jawa Barat, Drs. Dede Hidayat Somantri, M.M.

Ketua PGRI, Amsohi dalam sambutannya mengungkapkan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pelatihan kepada pengurus PGRI di tingkat cabang dan ranting bagaimana mengelola organisasi PGRI di tingkat cabang dan ranting sesuai standar dan berbasis administrasi teknologi. Lebih lanjut, Amsohi berharap dari workshop ini tumbuh karakter kepemimpinan dan militansi dalam membawa organisa PGRI terus bergerak bagi pendidik.

Dede Hidayat Somantri pada saat menyampaikan materi menjelaskan pentingnya pedomanan organisasi dan administrasi. Ia mengungkapkan secara detail mengenai strukturisasi forum organisasi PGRI di tingkat pengurus besar, provinsi, cabang, dan ranting. Lebih lanjut, ia menerangkan secara terperinci bagaimana prosedur persidangan pleno, komisi, maupun sidang khusus. Sebagai penguat, Dede juga menyampaikan sikap-sikap positif yang harus dimiliki para pengurus PGRI, diantaranya; antusias, berwibawa, supel, humoris, interaktif, tulus, memotivasi, dan luwes.

Narasumber menutup kegiatan dengan bersama-sama melakukan refleksi sejatinya belajar berorganisasi sama halnya dengan bagian-bagian dari sebuah pohon. Jika berada dalam struktur organisasi, kerjakan posisi sebaik mungkin. Posisi sebagai batang, maka jadilah batang yang kokoh untuk menopang pohon. Posisi sebagai cabang, maka jadilah cabang yang mampu menggandeng setiap ranting dan daun. Posisi sebagai daun, maka jadilah daun yang rimbun supaya pohon bermanfaat untuk menaungi orang dari kepanasan. Posisi sebagai bunga, maka jadilah bunga yang merekah indah. Posisi sebagai buah, maka jadilah buah yang manis supaya nama baik pohon terjaga. Posisi sebagai akar, walaupun tidak terlihat tetaplah mencengkram ke tanah demi tegaknya seluruh struktur pohon. Selamat bekerja dalam organisasi, tetap semangat dan selalu optimis bahwa hari ini akan lebih baik dari hari kemarin, serta esok jauh lebih baik dari hari ini.

#PGRI Kabupaten Bogor_Workshop Penguatan Kapasitas Kepemimpinan Pengurus PGRI Cabang Se-Kabupaten Bogor Tahun 2022

#Tikom_ 28-29 Agustus 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.