Info PGRI, Bogor – Dalam rangka menekan penyebaran virus Covid-19, pemerintah Kabupaten Bogor memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Upaya ini diterapkan untuk mengurangi mobilitas warganya. Sayangnya, kebijakan ini berdampak langsung kepada mereka yang menggantungkan nafkahnya secara harian, bahkan diantara mereka ada yang kehilangan pekerjaanya.

Melihat kondisi tersebut, PGRI Cabang Tamansari turun tangan. Bekerjasama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tamansari, PGRI menginisiasi kegiatan Berbagi Beras Untuk Masyarakat (BBUM). Tujuannya untuk membantu masyarakat terdampak langsung pemberlakuan PPKM.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 tahap, bulan Agustus dan Oktober 2021. Donasi yang dikumpulkan berasal dari sumbangan guru-guru yang bertugas di wilayah Kecamatan Tamansari. Donasi tersebut selanjutnya dibuat menjadi paket sembako. Sebanyak 50 paket berhasil dibuat, tiap paket berisi 5 kg beras dan 10 butir telur. Paket sembako ini selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak PPKM.

Masyarakat menyambut baik kegiatan ini, mereka mengucapkan terimakasih kepada PGRI. Khususnya kepada para guru yang sudah memberikan bantuan kepada mereka. “Terimaksih banyak, semoga Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan umur yang panjang serta rezeki yang melimpah” ungkap salah seorang pemulung yang menerima bantuan.

Ketua PGRI Cabang Tamansari H. Sudirja, S.Pd menuturkan, “ PGRI, organisasi guru merupakan bagian dari masyarakat, sudah sepatutnya sebagai manusia bergerak membantu. Tugas mulia guru tidak hanya mengajar, mendarmakan ketulusan berbagi adalah salah satu bagian dari jiwa guru.“ Selanjutnya ia menambahkan, “Atas nama PGRI, saya  mengucapkan terima kasih kepada guru-guru di wilayah kecamatam Tamansari. Kepedulian, keikhlasan, dan kerelaan berbagi di masa pandemi  semoga menjadi ladang pahala untuk Bapak ibu guru semua.”

Selanjutnya, ia juga berharap kegiatan sejenis ini terus berlanjut. PGRI terbuka bekerjasama dengan organisasi apa pun, stake holder, dan badan-badan organisasi lain untuk bersama-sama membantu masyarakat. “Dari guru, oleh guru, untuk masyarakat, ini harus kita pedomi sebagai visi kegiatan pengabdian masyarakat. PGRI akan selalu ada untuk masyarakat. ” pungkasnya.

Senada dengan pernyataan Ketua PGRI, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tamansari, Ridwan, S.Pd menyambut baik kegiatan ini. Ia  berharap Pramuka dan PGRI selalu bersinergi dalam setiap kegiatan, terutama dalam kegiatan Sosial.

Angga Wijaya, S.Pd selaku Sekretaris Cabang menuturkan  bahwa kegiatan bakti sosial seperti ini merupakan program kerja bidang Pengabdian Masyarakat. Program ini merupakan program prioritas kepengurusan saat ini. “Kami ingin organisasi PGRI bukan hanya milik guru, tapi milik masyarakat. PGRI hadir berkiprah dalam pendidikan dan masyarakat. Menjadi bagian dari masyarakat adalah amanah pengabdian seorang guru. Membantu menguatkan masyarakat yang dilanda kesulitan adalah watak dasar guru. Guru dengan segala upayanya akan terus berusaha hadir, menjangkau dan bahu membahu mengatasi kesulitan yang terjadi saat ini.” imbuhnya.

 

Reportase_Angga Wijaya, S.Pd._PGRI Cabang Tamansari

Kurator-Tikom (Sekbid Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.